Minggu, 20 Maret 2011

Cupcake Perdanaku

Akhirnyaaaa....kesampean juga hasrat baking'qu yang sudah menggebu-gebu ini. Searching-searching di internet, liat-liat blog para ibu-ibu koq kayanya lagi in banget bikin cupcake. Gak mao ketinggalan zaman downk eike, baiklaaaah dalam rangka ulang tahun mba Tika *ibu admin coordinator Pwt* aqu bikin surprise kecil untuk dia. Daripada aqu beli kue tart khan lebih bernilai plus kalo bikinan aqu sendiri, sekalian sapa tau di kemudian hari bisa di jadikan peluang bisnis buat diri'qu *asas manfaat*, xixixiii... *alasan sebenernya utamanya karna pengen ngirit, sshuuuuttt*.

Cupcake ini aqu bikin sesuai insting'qu, takaran bahan-bahan'nya aqu kira-kira sendiri sajalaaaah *halaaah..kaya udah yg ahli aja eike, minta di kepruk pake terigu ame telor niiyh* sambil berdoa bismillah semoga berhasil, dan aqu hias seadanya pake butter cream *maafkan aqu yang masih pemula dalam dunia perbakingan*. Mari qta review satu persatu mulai dari bahan, cara membuatnya, dan soal rasanya.

Coklat Cupcake


Bahan A:
60gr Tepung terigu
20gr Maizena
25gr Coklat Bubuk
10gr Susu Bubuk Coklat
1/4sdt Baking powder

Bahan B:
4butir Telor
150gr Gula pasir

Bahan C:
100gr Margarine (lelehkan)
50gr Dark cooking chocolate

Cara Membuat:
1. Ayak jadi satu Bahan A.
2. Lelehkan bahan C (margarine bersama DCC), di lelehkannya cukup di tim saja.
3. Karna aqu pake oven otang jadi sebelum aqu mulai me-mixer adonan, oven aqu panaskan dulu.
4. Kocok Bahan B (telor dan gula pasir) sampai mengembang, kemudian campurkan bahan A yang sudah di ayak.
5. Masukkan lelehan margarine dan dcc sedikit demi sedikit sambil di aduk perlahan sampai tercampur rata.
6. Kemudian masukan adonan ke dalam kantong segitiga. Semprot ke dalam loyang muffin yang sudah di beri paper cup. Kalo gak ada kantong segitiga, tuang aja pake sendok sayur yang bentuknya kaya ada corong.
7. Panggang kue selama kurang lebih 30 menit.

Dan ini hasil sebagian kuenya:

Karna aqu cuma punya cetakan cupcake 10biji jadi pemanggangan aqu bagi jadi 2sesi. Gak tau kenapa cupcake yang aqu bikin pertama berhasil mengembang dengan sempurna. Selanjutnya yang kedua juga mengembang, trus aqu diemin smaleman *aqu bikin sore hari skitar jm5* besok paginya baru mao aqu hias, koq kue agak basah yaaa, knpa tuuh..??! Katanya siiiyh kurang panas itu oven *sambil mikir, padahal udh aqu panasin tuh oven dengan api agak gede, selama 15menit, setelah kue masuk oven baru api aqu kecilin sedikit*. Ato karna manggangnya kurang lama *ntar takut malah gosong*, tapi waktu Bude'qu icip, kuenya udah mateng dan enak koq, dalemnya juga ga mblenyek. Gak apa-apalaah toh nanti juga di hias ketutup sama butter cream *senyum licik*.

Naaaahhh...kalo soal rasa maaaah, enaaak.... manisnya pas, coklatnya juga kerasa... Cupcake'nya setelah aqu hias pake butter cream dan hiasan lainnya yang sederhana ala kadarnya, jadi keliatan lebih menarik khaaaann... *tanya sambil pegang sapu ijuk :-D*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar