Senin, 24 Januari 2011

Kuliner di Seputaran GOR Satria, Purwokerto

Sekarang ini sepanjang Jl. Prof. Dr. Suharso sampe daerah Karang Wangkal, UNSOED Purwokerto isinya tempat makan semua. Jadi bwt yang pengen wisata kuliner di Purwokerto cukup dateng aja ke daerah GOR Satria, langsung deyh bisa menemukan berbagai macam tempat makan, mulai dari warung makan, resto, cafe, angkringan, sampe tempat makan berlebel franchise dan warung tenda.

Aqu coba urutin satu persatu  di daerah GOR Satria ajaa yaaw *maapkan aqu kalo ada yang kelewat*, mulai dari per4an DKT ke arah GOR sebelah selatan *kanan jalan* ada Mie Ayam Tunggal Rasa, sebelahnya persis ada Nani Cake, lanjut di Ruko Baru ada Gudeg Jogja Bu Djuminten. Trus ke arah Kantor Bapeda masih di kanan jalan ada Sego Sambel 'SS', Sop Solo Yu Sarmi, Es Duren Bancar Cabang Purbalingga, Bakso Tulang Muda, Warung Makan Serbu 'Serba Sepuluh Ribu', Kampung GOR, Cafe Champion. Di depan Cafe Champion  ada Resto, sampingnya persis Cafe D'Mange, Bebek Goreng Kremes Eyang Cici, Nasi Pecel Bu Sumo , Lele Lela, sampingnya lagi ada Iga Bakar Mas Giri, Bebek Goreng H. Slamet (asli Kartosuro), Iwak Banyoe, Depan Lele Lela ada Bebek & Ayam Kremes Kriuuk Chef Rudy bersebelahan sama Resto Memory Garden. sampe di Per3an GOR ke utara arah utara /Karang Wangkal, UNSOEDd-pun masih berjejer-jejer tempat makan. Silahkan anda coba semuanya satu persatu *dan sepertinya saya tidak akan pernah berhenti untuk selalu mencoba atau sekedar icip-icip*.

Belum lagi kalo tiap pagi di depan komplek GOR persis banyak berdiri warung tenda. Mulai dari Sate Ayam Wonosobo, Bubur Ayam Muna, Lontong Opor, Nasi Uduk, Nasi Kuning, Empal Gentong. Hedyuuuuwwwhhh...ngomongin soal makanan mah emang gak ada berhenti-berhenti'nya deeeeyyhhh.... Sebenernya Hidup untuk makan apa makan untuk hidup niiyh...??! hohohohoo...
Tentang Empal Gentong ,pertama kali aqu coba baru-baru aja sekitar 3minggu yang lalu sama si maz. Kita coba Empal Gentong Putra Wandi. Ternyata enaaaaaakk tenan.... Yang aqu tau empal gentong tuh biasanya yaaah isinya empal /jeroan sapi dan daging sapi trus pake bumbu kelapa jadi kaya serundeng.Tapi kalo empal gentong di sini rasanya aqu bilang kaya soto. Kuahnya agak seperti kuah opor tapi gak terlalu kuning, dan isinya banyak daging* like it banget deeeyh, sluuurrpp*. Jadi dalam 1 mangkok isinya daging +jeroan, lontong *bisa pilih pake nasi ato lontong*, dan daun bawang di potong kecil-kecil. Penyajiannya di tambah pake kecambah, jeruk nipis dan cabe bubuk /sambel. Aqu rasa ini boleh laaah aqu ksh nilai 7.

Tepatnya 20/01/2011 Sahabat'qu Ambar Ulang Tahun ke-27, sebenernya aqu agak-agak lupa dia ultah tanggal brpa, tapi begitu aqu sms ternyata aqu sms di saat yang tepat. Aqu ucapkan "Selamat Ulang Tahun Ambar. Semoga kau bisa menjadi orang yang lebih baik lagi, cepet dapet momongan yaa say, tambah semuanya yang baik. Pokoknya aqu selalu mendoakan yang terbaik buat kamu dan keluarga,amiiiiiinn.....". Malemnya ternyata dia ngajak aqu dan maz makan-makan, janjianlaaah qta jm19:30, cihuuuuuyyy.... Ayoooklaaahh, gretongan sape siiiyh gak mao, untung azaa tadi siang pas jam istirahat aqu sempet beli kado bwt dia. Jam18:30 hujan turun dengan sangat derasnya, tapi makan2 harus tetep jadi downk hahahaa... Jam19:30 hujan sudah mulai reda, tinggal rintik-rintik, gerimis ajaaah. Langsunglaaah kami meluncur ke tmp Ambar, muter-muter sebentar ternyata Maz Joko *Ambar's Husband* lagi pengen bebek. Okeeeeyy...kami ke Bebek Goreng H. Slamet saja.
Dulu aqu pernah mosting soal ini, tapi belum cerita detail soal makanan'nya yaaaw...  Jadi di Bebek Goreng H. Slamet ini cuma ada bebek goreng aja, ada 2 macem goreng utuh atau remuk. daging bebeknya empuk banget, gak amis dan rasa bumbunya juga enaaaakk... Kalo untuk bebek goreng remuknya bentuknya remukan gethuu, jadi udah gak berbentuk bebek lagi *tapi aqu suka ini karna kriuukk* kaya di suwir-suwir trus di goreng. Dam sambel koreknya  *sambel bawang* juga mantab, tapi pas aqu makan kemaren rasanya pedesnya kurang nendang *mungkin krna faktor harga cabe masih melambung tinggi*. Harga 1porsinya ayam bebek (paha/dada) + nasi cuma Rp. 18rb saja koq, harga standar laaahh... Untuk nasinya qta bisa milih mao pake ceting/bakul *kalo lagi rame-rame* atau mao pisah sendiri-sendiri, harga ceting besar dan kecil aqu lupa *maap* :)). Aqu kasih ini nilai 8,5 Pokoknya bebek goreng ini patut di coba deeeyhh...dan gak tau kenapa bikin aqu ketagihan, selalu pengen balik ke sana lagi, lagii dan lagiiii... *Ayooow..sapa lagi yang mao traktir eike, eike tunggu yaaw bouw..* hohohohoo...

Jumat kemaren 21/01/2011 aqu sama orang-orang kantor ber-5 (Pak Iwan, Pak Bunadi, Mba Tika, Teh' Dessy) lunch di Lele lela. Ini tempat makan baru di Purwokerto, tepatnya ada di Jl. Prof. Suharso, lingkungan GOR Satria, bersebelahan persis sama resto Iga Bakar Mas Giri. Ini sebenernya resto franchise sama seperti Iga Bakar Mas Giri dan Bebek Goreng H. Slamet (Asli Kartosuro), Lele Lela punya slogan setiap menyapa pengunjung dengan ucapan "Selamat Pagi" katanya siiiiyh biar mereka selalu menciptakan kesegaran, semangat di pagi hari. Jadilah kemarin siang kami di sambut dengan ucapan "Selamat Pagi". Dan di Lele Lela kalo ada pengunjung khusus yang bernama Lela bisa makan sepuasnya gratis sepanjang tahun lhoooww *Mpok Lela Sari bisa makan gratis niiyh di sini*, trus bwt yang ulang tahun juga bisa makan gretong *cuma dengan nunjukin KTP aja*. Liat interior resto ini eye chatcing banget dengan warna kuning dan hijau, dan suasana resto yang terbuka.
 Di sodori menu, bingung mao pilih apa biar beda-beda jadi aqu dan teh Dessy pesen lele filet saos lada hitam, Pak Bun & Pak Iwan pesen lele filet tepung *lupa gak ke foto udeh tandas duluan* dan Mba Tika lele filet bumbu tom yam. Aqu sama teh dessy request sambel bajak dan kena charge @seribu rupiah *masih karna faktor harga cabe mihiiiil kaleee yeeew* se lepek kecil getuuuu *lupa bwt poto si sambel*. Gak lama nunggu sekitar 10mnt datanglaaah pesanan kami. Jreeeeengg... inilah dia :
Begitu aqu coba lele fillet saos lada hitam, daging lelenya kriiiuuk *karna di goreng tepung dulu*  gak begitu kerasa juga kalo qta lagi makan lele dan rasa  saos bumbu lada hitamnya juga udah lumayan pedes lhooo, begitu aqu cocol ke sambelnya *sambel bajak* ternyata.... sumpeh tuh sambel pedesnya ampyuuuunn *keluar api dari telinga* nendang banget bouw... Aqu orang yang doyan banget pedes akhirnya bisa merasakan juga gmna dahsyatnya niiyh sambel *padahal di SS sambelnya juga sepedes ini, kayanya aqu mesti coba mbah jingkrak niiyh*. Aqu sma teh Dessy sampe menyesal knpa juga qta pesen sambel'nya 2 porsi yaa, mending 1porsi aja deeeyh lain kali, hahahahaa *muka merah,kepedesan*. Tapi tetep laaahh di cocol trus karna penasaran dan enak. Kalo untuk lele filet tom yam rasa kuah tom yam'nya menurut aqu agak kecut, asem, jadi daun jeruk dan air jeruknya kerasa banget, dan kami gak terlalu suka. Lele goreng filetnya juga enaaak lhooow, daging lelenya di goreng tepung trus di kasih kremesan sama sambel bajak yang tadi aqu makan. Menu lele lainya antara lain ada : lele goreng tepung, lele saos padang, ayam bakar saos madu, tumis kangkung, dll. Pokoknya patut di coba deeeyh... harga seporsinya unutk sekitaran Rp. 12rb-15rb, cuma kalo untuk harga di Purwokerto segitu agak mehel juga yaaaw, scara cuma sekelas ikan lele gethuu... Bwt rasa makanan'nya aqu kasih nilai 7,5 yaaw *krna desain interiornya ciamik, jadi ada tambahan nilai 1/2*.


Selanjutnya Iga Bakar Mas Giri. Tempatnya terbuka seperti halnya Lele Lela., jadi qta bisa menikmati panas matahari *kalo siang* dan angin semilir. Di sini yang jadi menu andalan mereka adlh Iga Bakar dan Iga penyet. Untuk 2 makanan ini ada menu paketan'nya 2macam: iga kecil +nasi seharga Rp. 16rb, sedangkan untuk ukuran iga yang agak besar harganya seporsi Rp. 22rb *gak bikin kantong tongpes koq*. Buat Rasa maaahh... asooooyy, sedep, enak buanget laaahh *dan ketika aqu coba kesana lagi rasanya masih tetep sama*. Untuk rasa iga bakarnya bumbunya kentel rasanya agak manis, makanya ada tambahan sambel ijonya sedikit dan dagingnya di bakar tapi wuiiih...bisa empuk gethuu dan bumbunya juga ngeresep. Untuk penyajian'nya di tmbah kuah (air kaldu+daun bawang+bawang goreng). Kalo untuk Iga Penyetnya dagingnya di goreng dan empuk, sambelnya pake sambel bawang *Cabe merah +bawang tanpa terasi & tomat* rasanya kalo menurut lidah'qu agak kurang pedes jadi aqu selalu request tambahan sambel di mangkok kecil. Penyajian'nya juga sama di kasih kuah *ngeceeess...air liur membasahi baju'qu*.  Ada lagi yang aqu pesen Tahu garing *lupa namanya :))* 1 porsi ada 4 tahu bunder di goreng kering pake tepung dan di kasih sambel kecap *sambelnya di uleg,di campur kecap*
Dan pastinya ada menu lainnya lagi dooowwnk....
Tongseng Iga: Seperti halnya tongseng kambing, isinya ada kol, tomat, daun bawang, daging iga sapi. Bumbu rempahnya kerasa banget, gurih, cukup menggiurkan.
Steak iga: Aqu bilang gak terlalu enak, rasanya biasa banget, bumbunya kurang mantab, sayurnya juga cuma wortel sama buncis minus jagung muda dan kentang.
Iga Cabe ijo: Daging iganya cuma dikit *si maz nyobain ini, nasi sama dagingnya habisnya duluan daging'nya padahal nasinya masih 1/2 banyakan cabe hijaunya* cabe ijo'nya dipotong gede-gede. Rasa bumbunya juga agak2 oily *sepertinya terlalu banyak minyak saat menumisnya*.
Dan ada lagi Nasi Goreng Iga: Rasanya uenaaaakk...dagingnya pas, rasanya juga nikmat. Sayang aqu kelupaan moto tuh nasi goreng.
Untuk keseluruhan makanan di sini aqu kasih nilai 7,5.
Segini dulu deeeyhh review wisata kuliner di seputaran Jl. Prof. Dr. Suharso, GOR Satria, di sambung lagi kapan-kapan, haahahaa....

3 komentar:

  1. Mbak Liya..ditunggu kapan dateng lagi ya he..he..

    BalasHapus
  2. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

    BalasHapus