Rabu, 09 Februari 2011

Mencoba Memasak

Akhirnya setelah menikah keluar juga laaah keinginan untuk 'bisa' memasak itu. Masa siiiyh ibu'nya jago masak anaknya gak bisa sama sekali..?! Gak mungkin laaah yaaaw... Kalo ada niat, dan ada kemauan unutk belajar pasti ada jalan dan pasti bisa khaaaannn...?! Masakan'qu masih standar2 aja siiyh, masing yang gampang-gampang *maklum masih belajar, kelas O kecil*. Tapi soal rasa jangan salaaahh...Cukup enaaaak, boleh di rasakan sendiri laaah... *sombong dengan PD'nya* hahahaaa..... :-D. Dan setelah mencoba memasak untuk sarapan si maz ternyataaa...aqu bisa koq *salto dan koprol*. Memasak itu menyenangkan walaupun memang panas dan berkeringat *sumpeh, ini yg bikin aqu sebel*, dan kenikmatan itu datang kalau masakan yang qta masak pada mao makan apalagi smp habis *aqu menangis terharu campur bahagia*. Tapi kalo ada yang bilang ga enak atao gak mao makan aqu siap-siap bawa pecut ato sapu lidi nyuruh supaya pada mao makan *4L4Y*.

Untuk yang pertama aqu mencoba masak nasi secara manual, mulai dari nyuci beras 3x trus airnya di ukur seruas ibu jari, kemudian di karu trus di tanak pake dandang *kalo kata orang jawa di dang*,dan aqu-pun lulus *bisa-bisa magicom baru, hadiah nikah dari sahabat'qu gak ke pake tuuuchh..* Selanjutnya di postingan sebelumnya aqu mencoba yg bener2 gampang banget sekarang saatnya mencoba masak sayuran, Ini dia masakan yang udah aqu coba beberapa hari ini:
  • Tumis Tofu Sayuran
Bahan :
- 2bh Tofu telur /ayam (aqu pake merek Kong kee Tofu telur spesial)
- 150gr Brokoli (potong brokoli sesuai kuntum)
- Wortel (kemaren aqu pake 2buah wortel ukuran sedang)
- 200gr Daging (kemaren pake daging yang untuk semur)
- 2 btng Daun bawang (iris tipis)
- 3 siung Bawang putih (di geprek dulu kmudian cincang kasar)
- Bawang bombay (iris tipis)
- Saus tiram
- 1 sdt Gula pasir
- Garam dan merica bubuk secukupnya
- 50ml air

Cara Membuatnya:
1. Potong tahu telur sesuai selera lalu goreng dengan minyak banyak serta api besar sampai tahu berkulit, sisihkan. (kalo ingin tersa renyah, lumuri tahu dengan tepung maizena sebelum di goreng)
2. Rendam daging menggunakan saos tiram (biar rasanya lebih gurih ajaah).
3. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daging goreng hingga daging berubah warna (mateng).
4. Kemudian Masukkan wortel , tambahkan air, tunggu beberapa saat sampai wortel matang /tidak terlalu keras. Masukkan brokoli dan daun bawang, tambahkan gula, garam, merica bubuk dan saus tiram secukupnya (di icip yaaw, kali2 aja masih terasa kurang apa gethuu di lidah). Aduk biarkan sebentar sampai bumbu meresap.
5. Setelah bumbu meresap, kalau air terasa kebanyakan tuang saja larutan maizena sambil diaduk rata hingga mengental. Masukkan tahu telur yang telah di goreng tadi.
6. Angkat, sajikan, siap berpindah ke perut.

Resep ini aqu dapet waktu beli saus tiram Saori dengan di modifikasi sesuai selera aqu.

Selanjutnya masih dengan tumis-tumis yang mudah dan bahan-bahan aqu dapet di kulkas, yaitu Kacang panjang. Ada 2versi yang aqu bikin, yang pertama di tambah daging cincang yang kedua di tambah tempe (karna persediaan daging cincang sudah habis). Kalo kata hubby yaaw pastinya lebih enak yang cah daging cincang pastinya *minta di tonyor pake dompet yang isinya dwt belanja niiiyh*. Ada sedikit cerita soal pertama kali aqu bereksperimen dengan tumis kacang panjang ini. Jadi waktu aqu masak kacang panjang unutk sarapan hubby, karna daun salam di dapur habis jadilaaah aqu berinisiatif *saking pinternya* untuk tambahkan saja daun jeruk sebanyak 3lembar ke tumisan itu. Si maz siiyh ga komen apa2 cuma ada sedikit percakapan:

Hubby: "Koq rasanya aneh yaaaw...?? Kaya ada rasa, bau jeruknya."
Me: "Iyaaaa...tdi aqu tambahin daun jeruk sedikit koq cuma 3lembar ajaaa..." *sambil nyengir kuda dengan imut dan mesranya*.
Hubby: "Wedddeeww...pantesan rasanya jadi sedikit aneh. Istri yang kreatif, untung ajaaah ga di tambahin daun pisang. Gak pa2 koq...tetep enak." *sambil ketawa ngejek aqu*

Me: "Truuusss...besok masak apalagi yaaw maz buat sarapan..?? Maz pengen apa..??*
Hubby: "Apa ajaaa deyh terserah. Kayanya lebih enak lagi kalo besok masaknya jangan di kasih daun jeruk kebanyakan yaaaw".
Me: *ketawa ngakak*

  •  Tumis Kacang Panjang
 Bahan:
- Kacang Panjang (potong kecil-kecil aja, biat terlihat cantik)
- Tempe (potong kecil memanjang)
- Daging Cincang (tambahan'nya sesuai selera aja, bisa di tambah telur puyuh /udang)
- Cabe merah dan cabe hijau secukupnya (potong kecil-kecil melintang, biar lebi cantik)
- 3 siung Bawang putih (geprek, cincang kasar)
- 1 siung Bawang merah (iris tipis)
- Bawang Bombay
- Daun salam
- Tomat (ini aqu cuma pake 1/4 bagian aja, kalo ga suka gak pake juga gak pa2)
- Saus Tiram (bisa di ganti dengan penyedap rasa)
- Garam gula dan merica bubuk secukupnya
- air secukupnya (dikira-kira aja)

Cara Membuatnya:
1. Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay hingga harum.
2. Naaah yang ini tergantung versinya, kalo kemaren aqu di tambah daging cincang berarti tambahkan daging cincang, masak sampai daging berubah warna.
Kalo di tambah tempe berarti masukkan tempe (biasanya aqu tempe'nya di goreng dulu setengah mateng. kalo males langsung masukkin aja) goreng sebentar.
3. Masukkan kacang panjang, garam, gula  dan saos tiram secukupnya. Jangan lupa sertakan daun salam lalu tambahkan air kemudian tutup sebentar wajan'nya untuk mematangkan kacang panjang dan agar bumbu meresap
4. Setelah kacang panjanng'nya di rasa sudah cukup matang tambahkan saus tiram, trus di icip dulu kira-kira kurang apa. Masukkan tomat serta cabe hijau dan cabe merah.
4. Angkat dan siap di sajikan.

  • Tumis Tahu Wortel With Sosis
Bahan-Bahan yang diperlukan:
- Tahu kuning (potong-potong memanjang)
- Wortel (potong memanjang)
- 1 btg daun bawang
- 2buah Sosis
- Bawang Bombay
- Gula, garam dan merica bubuk secukupnya.
- Air secukupnya
- Bumbu yang di haLuskan : 3siung bawang putih, 1siung bawang merah, 1/2sdt merica, garam

Penyelesain'nya:
1. Tumis bumbu yang di haluskan dan bawang bombay sampai harum.
2. Masukkan sosis sampai berubah warna agak kecoklatan kemudian masukkan wortel, selanjutnya tahu.
3. Selanjutnya masukkan daun bawang, tambahkan gula, garam dan merica bubuk secukupnya, sesuai selera saja (biasanya 1sendok teh), kalau suka boleh di tambahkan penyedap rasa.
4. Mateng, pindahkan ke piring /mangkuk dan siap di sajikan.


Mudah sekali khaaan tumis-tumisan yang aqu buat, lumayaaan laaah sekedar untuk menu sarapan si maz. Sekarang maaah kalo cuma sekedar tumis menumis, oseng-oseng maaah ciiilll.... *sombong kalii aqu* hahahaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar